Jumat, 01 Juli 2016

Milikilah Pikiran Kristus!

Alkitab memberitahu kita bahwa kita harus mempunyai pikiran Kristus ─ dan hati serta roh yang baru.
Yehezkiel 36: 26-27
26. Kamu akan Kuberikan hati yang baru, dan roh yang baru di dalam batinmu dan Aku akan menjauhkan dari tubuhmu hati yang keras dan Kuberikan kepadamu hati yang taat.
27. Roh-Ku akan Kuberikan diam di dalam batinmu dan Aku akan membuat kamu hidup menurut segala ketetapan-Ku dan tetap berpegang pada peraturan-peraturan-Ku dan melakukannya.


Kita dapat melihat dari Yehezkiel. 36:26,27 bahwa Tuhan tahu jika kita harus berpegang pada peraturan-Nya dan hidup dalam ketetapan-Nya sehingga Dia harus memberi kita Roh-Nya dan hati yang baru. Untuk dapat mengalir dalam pikiran Kristus kita harus melakukan hal-hal berikut:
1. Pikirkanlah gagasan positif.
`````````````````````````````````````````
Pikiran Kristus adalah pikiran yang selalu positif, maka kita juga harus berpikir positif. Iblis menggunakan pikiran negatif untuk membuat kita jauh dari Tuhan.
2. Mengatasi Kemuraman.
````````````````````````````````````
Mazmur 143:3-10 memberi kita sebuah uraian tentang kemuraman dan cara mengatasinya, yaitu:
a. Kenalilah sifat dan penyebab dari masalahnya.
b. Sadarilah bahwa depresi itu mencuri kehidupan dan terang.
c. Ingatlah akan masa lalu yang baik.
d. Pujilah Tuhan di tengah-tengah masalah.
e. Mintalah pertolongan Tuhan.
f. Dengarkanlah Tuhan.
g. Berdoalah untuk pembebasan.
h. Carilah hikmat, pengetahuan dan kepemimpinan Tuhan.
3. Gunakanlah Senjata Anda.
````````````````````````````````````````
Untuk mengalahkan serangan iblis dalam pikiran kita, kita harus berpikir positif dan menggiring pikiran kita menuju kepatuhan kepada Kristus (2 Korintus.10:5).
4. Berpikirlah seperti Tuhan.
```````````````````````````````````````
Pikiran dari seorang yang berfungsi dalam pikiran Kristus akan tertuju kepada Tuhan dan pada semua karya-Nya yang perkasa.
5. Renungkanlah tentang Tuhan dan Karya-Nya.
`````````````````````````````````````````````````````````````````
Jika kita ingin mengalami kemenangan maka kita harus merenungkan Tuhan, jalan-Nya dan karya-Nya secara teratur dalam hidup kita.
6. Persekutuan dengan Tuhan.
`````````````````````````````````````````
Tiada yang lebih dekat dengan kita selain pikiran kita sendiri. Jika kita ingin memenuhi pikiran kita dengan Tuhan, itu akan mendatangkan Dia ke dalam kesadaran kita dan kita akan mulai menikmati persekutuan dengan Dia yang akan mendatangkan sukacita, sejahtera dan kemenangan dalam hidup kita.
7. Hendaklah berpikiran “Tuhan – Mengasihi - Aku”.
`````````````````````````````````````````````````````````````````````
Ketika kita memikirkan tentang kasih Tuhan kepada kita, kita akan merasakan penghiburan meskipun kita mengalami masalah. Kita tidak perlu hidup dalam ketakutan karena Tuhan mengasihi kita.
8. Jangan Takut.
``````````````````````
Kita tidak perlu takut karena Tuhan mengasihi kita.
9. Sadarlah akan Kebenaran Bukannya Sadar akan Dosa.
```````````````````````````````````````````````````````````````````````````````
Jangan pikirkan tentang betapa buruknya keadaan kita sebelum datang kepada Kristus. Kita harus berpikir tentang bagaimana kita telah dijadikan kebenaran di dalam Dia.
10. Milikilah pikiran yang menasehati.
``````````````````````````````````````````````````
Orang yang mempunyai pikiran Kristus memikirkan gagasan yang bersifat positif, mengangkat, membina orang lain dan juga dirinya sendiri dan keadaan sekitar dirinya.
11. Kembangkanlah pikiran yang bersyukur.
```````````````````````````````````````````````````````````
Seseorang yang mengalir dalam pikiran Kristus akan mendapati pikirannya penuh dengan puji-pujian dan ucapan syukur. Sikap syukur dan mengucap syukur adalah asas kehidupan.
12. Bersyukurlah Selalu.
```````````````````````````````
Jadilah seorang yang bersyukur ─ seorang yang penuh dengan terima kasih bukan hanya kepada Tuhan, tetapi juga kepada sesama. Hal ini akan menyalurkan sukacita di dalam kita.
13. Persembahkan Syukur untuk Semuanya.
````````````````````````````````````````````````````````````
Pada segala waktu dan segala sesuatu, ucapkanlah syukur. Karena syukur kita adalah perintah Tuhan seperti dalam Efesus 5:18-20.
14. Hendaklah berpikiran Firman.
`````````````````````````````````````````````
Firman Tuhan adalah pikiran-Nya yang ditulis di atas kertas untuk pelajaran dan pertimbangan kita. Merenungkan firman-Nya adalah salah satu asas kehidupan terpenting yang dapat kita pelajari.
15. Merenungkan dan Berhasil.
```````````````````````````````````````````
Dalam Yosua 1:8 Tuhan memberitahu kita dengan jelas bahwa kita takkan menerapkan firman secara fisik jika kita tidak menerapkannya secara mental lebih dahulu.
16. Merenungkan dan Disembuhkan.
`````````````````````````````````````````````````
Merenungkan firman Tuhan dalam pikiran kita sebenarnya mempengaruhi tubuh jasmani kita.
17. Mendengar dan Penuaian.
````````````````````````````````````````
Semakin banyak yang kita tabur, semakin banyak yang akan kita tuai pada musim panen. Tuhan berkata dalam Markus 4:24 bahwa semakin banyak waktu yang kita luangkan secara pribadi ke dalam pemikiran dan pelajaran dari firman yang kita dengar, semakin banyak yang akan kita peroleh.
18. Membaca dan Menuai.
```````````````````````````````````
Dengan membaca firman Tuhan kita akan mendapat berkat-berkat tak ternilai. Roh Kudus akan memberkati kita dengan kebenaran. Semakin sering kita merenungkan firman Tuhan, semakin pasti kita sanggup dengan mudah menyerap kekuatan-Nya pada masa kesukaran. Ingatlah: kuasa untuk melakukan firman berasal dari latihan merenungkannya.
19. Menerima dan Menyambut Firman.
`````````````````````````````````````````````````````
Melalui Yakobus 1:21 kita dapat mengetahui bahwa firman Tuhan memiliki kuasa untuk menyelamatkan kita jika kita mau menerima firman itu bekerja dalam hidup kita.
20. Pilihlah Kehidupan!
````````````````````````````````
Keadaan pikiran kita seharusnya seperti yang tertulis dalam Filipi 4:8. kita memiliki pikiran Kristus, mulailah dengan menggunakannya. Dengan senantiasa “mengawasi” pikiran kita maka kita mulai menggiring setiap pikiran untuk patuh kepada Yesus Kristus.
Roh Kudus cepat mengingatkan kita jika pikiran kita mulai menyimpang ke arah yang keliru, kemudian keputusannya terletak kepada kita. Maukah kita mengalir dalam pikiran daging atau dalam pikiran Kristus? Yang satu mengantar kepada kematian, lainnya kepada kehidupan.
Tetapkanlah Pikiranmu dan Jagalah agar tetap demikian.
Pikiran yang keliru akan menghalangi kemajuan kita.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar