Selasa, 07 Juni 2016

Memberi Tidak Membuat Kekurangan


Amsal 11:24
"Ada yang menyebar harta, tetapi bertambah kaya, ada yang menghemat secara luar biasa, namun selalu berkekurangan."

Alkisah ada seorang kaya memiliki 19 ekor kerbau dan 3 orang anak. Mendekati ajalnya, dia membagikan warisan kepada ketiga anaknya dengan pesan: 1/2 untuk anak pertama, 1/4 untuk anak kedua dan 1/5 untuk anak ketiga.

Setelah sang bapak meninggal, ketiga anaknya membagikan kerbau sesuai pesan ayah mereka. Tapi mereka menemukan keganjilan, bahwa masing-masing mereka akan mendapatkan bagian kerbau yang tidak utuh. Masing-masing tidak mau mengalah dan berusaha mendapatkan bagian utuh.

Terdengarlah kabar pertengkaran mereka oleh seorang bapak yang miskin yang hanya memiliki satu ekor kerbau. Akhirnya bapak tersebut menemui mereka, dan bersedia dengan ikhlas embantu mereka dengan memberikan kerbaunya supaya masing-masing mendapatkan bagian kerbau yang utuh.

Anak-anak itu setuju dan merekapun mulai membagi. Anak pertama mendapat 1/2 dari 20 yaitu 10 ekor, anak kedua mendapat 1/4 dari 20 yaitu 5 ekor dan anak yang bungsu mendapat 1/4 dari 20 yaitu 4 ekor.  Demikianlah mereka semua mendapatkan bagian yang utuh, dan totalnya adalah 10+5+4=19 jadi masih ada sisa 1 ekor dan dikembalikan kepada bapak yang tadi.

Ternyata dengan memberi, kita tidak akan kehilangan apa yang kita miliki. Jika kita diberkati, kita juga harus menjadi berkat bagi orang lain, jangan menahan berkat itu hanya untuk diri sendiri.


Amsal 11:25
"Siapa banyak memberi berkat, diberi kelimpahan siapa memberi minum, ia sendiri akan diberi minum."


Tidak ada komentar:

Posting Komentar